Nyeri Leher (Cervical Root Syndrome)

Nyeri leher /kaku biasanya akibat ketegangan atau kekejangan otot, yang disebabkan oleh postur yang buruk atau cedera minor. Nyeri dan kaku juga bisa akibat cedera, arthritis di tulang belakang atau penyakit lainnya.

Gejala Yang Dirasakan :
– Nyeri kaku pada leher
– Rasa nyeri dan tebal dirambatkan ke ibu jari dan sisi radial tangan
– Dijumpai kelemahan pada otot lengan (bicep dan tricep)
– Berkurangnya reflek bicep
– Dijumpai nyeri alih (referred pain) di bahu yang samar, dimana nyeri bahu hanya dirasa bertahan di daerah deltoideus bagian lateral dan infrascapula atas.

Seberapa bahaya kah meng”krrkkk”kan leher itu?
Anatomi Leher Kita
– Di bagian depan leher : kelenjar tiroid, esofagus,trakea, pembuluh darah utama ke otak (arteri karotis kiri dan kanan),pembuluh darah utama dari otak (vena jugularis kiri dan kanan)
– Di bagian belakang leher : struktur tulang belakang yang didalamnya ada sumsum tulang belakang dan pembuluh darah ke otak bagian belakang
Mengapa Kita Tidakboleh Menggerakkan Leher Secara Berlebihan?
– Mematahkan / meretakkan / mendislokasikan tulang leher berakibat fatal (kematian)
– Bunyi “krrkkk” menunjukkan terjadi manipulasi pergerakan sendi secara berlebihan
– Makin sering di “krrkkk”kan lehernya, maka sendi leher bisa makin lemah dan dapat menyebabkan instabilitas tulang leher -? nyeri leher kronis

Rekomendasi
– Tidak lagi menggerakkan leher secara berlebihan baik oleh diri sendiri atau teman, tukang cukur, tukang urut, bahkan oleh orang yang mengaku profesional dan mempunyai sertifikat khusus dalam “krrkk” meng”krrkkk”kan itu….
– Datang ke ahli yang profesional, yang terdidikdi rumah sakit pendidikan kedokteran dan fisioterapi

Fisioterapi Untuk Nyeri Leher
– Traksi
– Cervical collar
– Thermoterapi
– kompres dingin 1-4 x sehari selama 15-30 menit kompres panas /pemanasan 2-3 kali sehari
– Latihan mobilisasi leher

Langkah Perawatan Dan Pencegahan :
– Sikap tubuh yang baik
– Tidur dengan bantal atau bantal urethane
– Memelihara sendi otot yang fleksibel dan kuat dengan latihan yang benar
– Memelihara sendi otot yang fleksibel dan kuat dengan latihan yang benar
– Pencegahan nyeri cervical ulangan
– Jangan bertahan pada satu posisi terlalu lama
– Hindari gerakan memutar kepala berulang ulang ketika merasa capai